Menjaga pegawai perusahaan tetap terlibat dalam pekerjaan, terutama untuk tugas seperti pelatihan tahunan atau mempelajari topik yang berulang-ulang, bisa menjadi tantangan. Namun, ada sebuah pendekatan yang semakin populer di kalangan perusahaan untuk mengatasi masalah ini, yaitu gamifikasi.
Gamifikasi adalah penerapan elemen permainan dalam lingkungan kerja, seperti tantangan, hadiah, dan kemajuan yang dapat dilacak melalui papan peringkat. Tujuannya adalah untuk membuat tugas-tugas yang membosankan menjadi lebih menarik dan menyenangkan, sehingga pegawai perusahaan menjadi lebih termotivasi untuk berpartisipasi.
Baca Juga >> Bagaimana Gamifikasi Membuat Proses Rekrutmen Perusahaan Lebih Efektif?
Gamifikasi Ada Manfaatnya?
- Menjaga minat karyawan lebih lama, menghasilkan partisipasi yang lebih aktif. Gamifikasi dapat membuat tugas-tugas yang membosankan menjadi lebih menarik dan menyenangkan, sehingga karyawan lebih termotivasi untuk berpartisipasi.
- Membuat karyawan merasa lebih produktif, terlibat, dan bahagia di tempat kerja. Sebuah survei oleh TalentLMS menemukan bahwa gamifikasi membuat karyawan merasa lebih produktif (87%), lebih terlibat (84%), dan lebih bahagia di tempat kerja (82%).
- Memungkinkan pembelajaran topik yang kompleks secara menyenangkan dan efektif. Gamifikasi dapat membuat pembelajaran tentang topik yang kompleks menjadi lebih mudah dipahami dan diingat.
- Memotivasi karyawan untuk mengulang materi pelatihan, meningkatkan pemahaman. Gamifikasi dapat mendorong karyawan untuk mengulang materi pelatihan, sehingga mereka dapat mempelajarinya dengan lebih baik.
Nah, poin penting yang bisa diambil dari sini adalah: gamifikasi bisa berjalan efektif tidak hanya karena faktor adanya reward/hadiah, tetapi juga karena menyentuh motivasi intrinsik manusia seperti penguasaan, kemandirian, dan koneksi. Selain itu, keterlibatan (engagement) juga dapat meningkat pesat melalui gamifikasi, menjadikannya alat ampuh untuk mendorong pembelajaran dan interaksi antar karyawan.
Contoh Implementasi Gamifikasi Untuk Engagement Pegawai Perusahaan
- PricewaterhouseCoopers (PwC), firma konsultasi manajemen, menggunakan gamifikasi untuk pelatihan upskilling AI mereka melalui live trivia game di seluruh perusahaan. Game ini menggabungkan unsur permainan kasual dengan konten pembelajaran dan mekanisme game show real-time. Perusahaan mengubah aktivitas belajar yang biasanya solo menjadi pengalaman kolaboratif, di mana karyawan bisa bermain sendiri atau bergabung dengan tim yang lebih besar untuk menang bersama.
- Google Chrome menggunakan gamifikasi untuk mengajarkan pengguna tentang keamanan siber. Pengguna diajak untuk menembak serangan siber yang muncul di layar. Gim ini membuat pembelajaran tentang keamanan siber menjadi lebih menyenangkan dan mudah dipahami.
- ELB Learning, perusahaan software e-learning dari Amerika Serikat, menawarkan “Training Arcade”, alat pengarang gamifikasi DIY yang mencakup templat permainan siap seluler yang tersedia untuk perusahaan untuk disesuaikan dengan konten pelatihan mereka sendiri. Perusahaan berpendapat bahwa gamifikasi bekerja karena memicu emosi manusia yang nyata dan kuat, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendidik, memotivasi, merayakan, dan mengevaluasi karyawan.
Gamifikasi, Pendekatan yang Layak Dipertimbangkan Perusahaan?
Gamifikasi menunjukkan potensi besar untuk meningkatkan keterlibatan karyawan dalam berbagai aktivitas, termasuk pelatihan dan interaksi sosial. Namun, keberhasilannya bergantung pada desain yang baik dan fokus pada motivasi intrinsik karyawan.
Gamifikasi adalah pendekatan yang layak untuk dipertimbangkan oleh perusahaan yang ingin meningkatkan keterlibatan karyawan mereka. Dengan menerapkan gamifikasi dengan tepat, perusahaan dapat membuat tugas-tugas yang membosankan menjadi lebih menarik dan menyenangkan, sehingga karyawan lebih termotivasi untuk berpartisipasi dan belajar.
Implementasikan Gamification dan Game-Based Learning Bersama Kummara.
Sebagai consultant company yang sering terlibat dengan banyak employee training di beragam perusahaan, Kummara juga menawarkan gamification dan game-based learning program yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Kummara membantu banyak organisasi untuk mengimplementasikan konsep game-based learning dan gamifikasi sederhana untuk membuat program belajar menjadi lebih interaktif, efektif dan efisien.
Source: Is gamification the answer to boosting employee engagement? Written By Cloey Callahan
Related Posts
Revolusi Baru Pembelajaran Bisnis: EPICS Game-Based Learning Program
Bosan dengan pelatihan bisnis yang membosankan? EPICS hadir sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan kemampuan...
Kummara Kembali Bantu FWD dalam Sesi Perkenalan Produk Asuransi Lewat FGBL “FWD Punya”
Kummara kembali berkolaborasi lewat sesi Facilitated Game-Based Learning (FGBL) “FWD Punya” untuk menyebarkan...
Game-Based Learning dan Gamification: Cara Sederhana Tingkatkan Motivasi dan Keterlibatan Peserta Training
Game-based learning dan gamification adalah dua pendekatan pembelajaran yang telah terbukti efektif untuk...