Membentuk kebiasaan baik sebagai bagian dari pengembangan diri setiap individu mungkin bukan hal yang mudah. Beruntung, di masa sekarang sudah banyak diciptakan inovasi yang menunjang manusia untuk membangun kebiasaan baik, salah satu yang mungkin paling dikenal adalah aplikasi habit tracker. Aplikasi ini membantu individu untuk melacak dan mengingat kegiatan yang ingin dibiasakan oleh mereka.
Baca Juga: Fun Way to Gamify Your Business
Dengan munculnya habit-tracking apps yang semakin banyak, menandakan gamifikasi telah menjadi salah satu strategi kuat untuk membantu kita tetap konsisten. Dengan menerapkan elemen game design, aplikasi habit tracker mengubah proses yang sama menjadi pengalaman yang menyenangkan dan engaging.
Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi beberapa poin tentang gamifikasi dalam aplikasi pelacak kebiasaan (habit-tracker apps), dan bagaimana gamifikasi bisa menjadi strategi membangun kebiasaan yang revolusioner dan membangun efektifitas sebagai aplikasi.
Keajaiban Gamifikasi Untuk Bangun Motivasi
Gamifikasi mengintegrasikan elemen game dengan konteks non-game, tujuannya untuk mendorong motivasi dan engagement. Beberapa contoh elemen yang umum ditemui dalam aplikasi habit tracker adalah hadiah (reward), pencapaian (achievement), dan progress tracking. Dengan elemen tersebut, aplikasi ini memanfaatkan keinginan bawaan manusia akan tantangan dan pencapaian, membuat proses pembentukan kebiasaan menjadi lebih fun dan menarik.
Aplikasi habit-tracker menjadi populer karena kemampuannya dalam memanfaatkan gamifikasi untuk mendorong perilaku konsisten. Aplikasi-aplikasi ini berfungsi sebagai pelatih virtual dengan berbagai keuntungan seperti memberikan reminder, progress tracking dan fitur interaktif yang mengubah pembentukan kebiasaan menjadi perjalanan yang seru.
Mengubah Pola Pikir dengan Streak dan Reward
Streak, fitur gamifikasi yang terkenal, adalah salah satu faktor yang meningkatkan motivasi pengguna habit-tracking apps untuk rajin membentuk kebiasaan mereka. Representasi visual yang terus bergerak seiring perkembangan, mendorong repetisi dan memberikan rasa pencapaian (achievement). Selain itu habit-tracking apps sering kali memberikan imbalan berupa mata uang virtual atau hadiah nyata kepada pengguna, yang memperkuat perilaku positif dan memberikan reward untuk terus memajukan diri.
Habitica, aplikasi manajemen tugas online yang dikembangkan oleh HabitRPG, Inc., merupakan salah satu contoh baik dari aplikasi habit-tracker yang mengadopsi konsep gamifikasi. tersebut Habitica mengadaptasi gamifikasi lebih jauh dengan mengubah kegiatan berulang menjadi permainan peran yang menarik.
Dalam aplikasi ini user bisa mendapatkan mata uang virtual setiap kali menyelesaikan tugas, yang dapat digunakan untuk meningkatkan level karakter, melawan monster, dan membuka fitur-fitur baru. Hasilnya framework ini menambahkan tingkat engagement dan excitement yang lebih dalam dalam pembentukan kebiasaan.
Poin Plus dan Minus dari Gamifikasi dalam Habit-Tracking Apps
Gamifikasi tentunya dapat mengatasi sejumlah hambatan dalam menjaga motivasi. Dengan mengintegrasikan fitur-fitur sosial, pengguna dapat bergabung dalam komunitas, mengikuti challenge, dan berkompetisi dengan teman, sehingga membangun rasa tanggung jawab dan persaudaraan. Berbagi progres dan menerima dukungan dari teman-teman pun akan meningkatkan aspek motivasi dalam pembentukan kebiasaan.
Ketergantungan kita pada perangkat telepon seluler dapat “dimanfaatkan” secara positif melalui aplikasi pelacak kebiasaan. Aplikasi-aplikasi ini memudahkan pengguna untuk mengatur dan memantau kebiasaan mereka dalam satu tempat yang terorganisir. Dengan sentuhan teknologi, pembentukan kebiasaan dapat menjadi lebih terstruktur, efisien, dan menyenangkan.
Meskipun gamifikasi dalam aplikasi habit-tracker dapat menjadi alat yang kuat untuk membentuk kebiasaan sehari-hari, namun ada kemungkinan risiko manusia menjadi terlalu bergantung pada external reward dan mengabaikan kepuasan internal dalam melakukan kegiatan. Karena pada dasarnya, kebiasaan yang sejati haruslah bersifat mandiri dan memberikan kepuasan batin. Ketergantungan yang berlebihan pada aplikasi juga berpotensi menyebabkan ketidakmampuan untuk mempertahankan kebiasaan jika aplikasi tersebut tidak lagi digunakan.
Kesimpulannya…
Gamifikasi telah membuka pintu menuju pembentukan kebiasaan yang lebih menarik dan efektif melalui aplikasi habit-tracker. Dengan memanfaatkan elemen-elemen permainan dan rewards, aplikasi-aplikasi ini mampu meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan akuntabilitas pengguna. Namun, penting untuk tetap menjaga keseimbangan antara eksternal reward dan kepuasan internal dalam upaya membentuk kebiasaan yang langgeng.
Source:
I got addicted to an app that helped me turn my most ambitious goals into daily routines. Diakses 30 Mei 2023
Related Posts
Gamifikasi, Bisakah Jadi Solusi Peningkatan Engagement Pegawai Perusahaan?
Menjaga pegawai perusahaan tetap terlibat dalam pekerjaan, terutama untuk tugas seperti pelatihan tahunan atau...
Game-Based Learning dan Gamification: Cara Sederhana Tingkatkan Motivasi dan Keterlibatan Peserta Training
Game-based learning dan gamification adalah dua pendekatan pembelajaran yang telah terbukti efektif untuk...
Pelajari Ambidexterity, Agility, dan Leadership Skill untuk Smart City melalui Game-Based Learning (ASECH Indonesia Open Forum)
Akhir Agustus 2023, Kummara berpartisipasi dalam sesi ASECH Indonesia Open Forum: "Ambidexterity, Agility, and...