Tak bisa dipungkiri, kesehatan mental (mental wellness) menjadi salah satu topik yang sangat penting terutama di dunia kerja. Telah terjadi perubahan yang signifikan dari level kesehatan mental selama dua tahun terakhir. Berdasarkan laporan WHO, data menunjukkan ada peningkatan tingkat kecemasan dan depresi yang diakibatkan oleh pandemi. Laporan lainnya juga menunjukkan bahwa penurunan tingkat kesehatan mental ini berpengaruh langsung pada produktivitas.
Baca Juga: 3 Cara Gamifikasi Tingkatkan Produktivitas di Perusahaan
Memahami hal di atas, artikel kali ini mengajak pembaca semua untuk berdiskusi terkait potensi program game-based learning untuk mendorong peningkatan kesehatan mental di level korporasi/organisasi.
Tantangan terkait peningkatan kualitas kesehatan mental
Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang game-training consultant, kami bersyukur bisa terlibat dalam beberapa riset program terkait kesehatan mental. Dari berbagai diskusi salah satu tantangan terbesar di level untuk bisa meningkatkan kualitas kesehatan mental adalah terkait stigma negatif terkait berbagai masalah kesehatan mental ini.
Di sisi lain, pandangan lingkungan terkait mereka yang mengalami masalah kesehatan mental juga belum sepenuhnya tepat. Kadang kita masih melihat hal ini sebagai hal yang sepele, atau urusan pribadi seseorang. Sehingga tidak merasa perlu untuk mencoba memberikan bantuan. Hal ini berlaku secara umum juga dilevel organisasi/korporasi. Nah, stigma terkait kesehatan mental inilah yang jadi salah satu tantangan terbesar yang harus kita coba selesaikan.
Learning & Development Program sebagai Mental Wellness Boost
Salah satu cara untuk coba mereduksi stigma negatif adalah dengan menyediakan ruang yang “nyaman” untuk semua bisa membicarakan topik terkait kesehatan mental. Ruang ini bisa dalam bentuk berbagai program pembelajaran (learning program). Dengan kata lain, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah untuk mulai melihat berbagai learning program yang kita miliki.
Corpore University, Learning Center, Learning Department, Universitas, Sekolah harus mulai melihat apakah berbagai program yang ada sudah bisa memberikan ruang yang nyaman ini — yang berpotensi meningkatkan kualitas kesehatan mental, atau malah membebani. Tentu sulit untuk mengubah seluruh learning program sekaligus. Kita mungkin bisa memulainya dengan memasukkan mental wellbeing menjadi salah satu tema atau bagian dari L&D program kita.
Salah satu yang saat ini mulai banyak dihadirkan terkait mindfulness adalah praktek yoga dan meditasi. Penting untuk kita coba mewujudkan setiap ruang/program belajar sebagai ruang yang nyaman — baik secara fisik maupun mental. Ini bukan hanya masalah fasilitas, tapi juga berbagai hal non teknis yang mendukung, termasuk cara kita menyampaikan sebuah materi.
Salah satu bentuk sederhana untuk menghadirkan ruang belajar yang nyaman adalah dengan menghadirkan berbagai learning program secara lebih interaktif. Yang juga didesain untuk memotivasi interaksi positif antar peserta. Interaksi positif ini bisa kemudian menjadi salah satu landasan untuk mendorong kualitas kesehatan mental yang lebih baik.
Potensi Game-Based Learning untuk mendorong peningkatan kesehatan mental
Menghadirkan learning program yang memotivasi interaksi positif faktanya bisa menjadi salah satu bentuk upaya mendorong kesehatan mental yang lebih baik. Dalam konteks inilah Game-Based Learning (GBL) menjadi sangat potensial. Terdapat 3 karakteristik sesi Game-Based Learning yang bisa mendorong interaksi positif ini:
- Communal. Dengan kata lain sesinya di desain untuk mendorong proses pembelajaran secara bersama (communal).
- Facilitated, yaitu sesi GBL yang difasilitasi. Untuk menjaga setiap bentuk interaksi yang hadir bisa optimal dan positif. Juga untuk memastikan learning objektif bisa tercapai.
- Save Environment, yaitu sesi yang didesain untuk ruang tumbuh bersama. Di mana semua merasa nyaman untuk mengemukakan pendapat, pemikiran, termasuk juga perasaannya.
Dengan 3 karakteristik di atas, maka setiap sesi Game-Based Learning bisa kita optimalkan untuk mendorong peningkatan kualitas kesehatan mental di berbagai organisasi/korporasi.
GABUNG KE GRUP TELEGRAM BEYOND GAME
Group Telegram “Beyond Game” hadir sebagai ruang untuk berbagi informasi dan cerita tentang update implementasi game-based learning, gamification, dan game secara lebih luas.
🔗 Gabung ke Group Telegram Beyond Game melalui tautan di bio kami: https://bit.ly/telegramBG
Referensi:
https://www.who.int/news/item/02-03-2022-covid-19-pandemic-triggers-25-increase-in-prevalence-of-anxiety-and-depression-worldwide https://acehap.org/2020/09/22/actual-challenges-of-mental-health-in-indonesia-urgency-uhc-humanity-and-government-commitment/ https://www.ugm.ac.id/id/berita/22185-stigma-buruk-gangguan-kesehatan-mental-hambat-pemulihan-pasien
Related Posts
Tingkatkan Efektifitas Program Onboarding dengan Game-Based Learning dan Gamifikasi
Tingkatkan Efektifitas Program Onboarding dengan Game-Based Learning dan Gamifikasi Apakah program onboarding di...
Integrasi Game-Based Learning dalam Leadership Development Program
1. Definisi, Objektif, dan Implementasi Leadership Development Program Leadership Development Program adalah...
Asah Keterampilan Service Anda Melalui Game: Customer Service 101 Game-Based Learning Program
Pernah merasa kesulitan menghadapi pelanggan yang sulit? Customer Service 101 hadir sebagai solusi inovatif untuk...