Fasilitator Sebagai Kunci Sukses Game-Based Learning Dalam Sekolah Mentor 1 LKM X ITB
Sebagai bagian dari kolaborasi Kummara dan Institut Teknologi Bandung, Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) X ITB 2023 mengundang Eko Nugroho (CEO Kummara) sebagai narasumber pada Sekolah Mentor 1 dengan tema “How to be a Good Facilitator”, sesi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar bagi peserta yang akan menjalankan tugas sebagai mentor dan fasilitator selama kegiatan LKM X ITB berlangsung. Kegiatan yang dilaksanakan pada 3 September 2023 ini diikuti oleh 13 orang calon mentor LKM X ITB.
Pada sesi pagi, Eko menggali motivasi peserta untuk menjadi seorang mentor. Ia menyampaikan pentingnya kehadiran para peserta sebagai seorang mentor dan fasilitator bagi mentee selama berjalannya program. Lewat kegiatan group working, Eko mengajak peserta untuk mengidentifikasi apa saja karakteristik seorang mentor dan fasilitator dari tokoh yang mereka sudah ketahui, serta berbagai worst-case scenario yang mungkin terjadi selama kegiatan LKM dan bagaimana menghadapinya. Di akhir sesi pagi, para peserta mampu memahami kemampuan apa saja yang diperlukan oleh seorang mentor dan fasilitator dalam mendampingi mentee serta berbagai mitigasi dalam berbagai kondisi mentoring.
Pada sesi siang, Eko memandu peserta dalam sesi Facilitated Game-Based Learning “Treasures of Punakawan”. Dalam sesi ini, peserta mengeksplorasi kemampuan leadership dan effective collaboration melalui permainan Punakawan. Selama 50 menit, peserta berperan sebagai Punakawan yang ditugaskan mencari 5 keping permata Pandhega yang tersebar di reruntuhan. Setelah permainan berakhir, peserta diajak merefleksikan apa yang mereka alami selama permainan dan mengaitkannya dengan materi leadership serta effective collaboration. Peserta juga menjadi lebih paham terkait potensi game-based learning sebagai salah satu bentuk aktivitas pembelajaran dengan menggunakan game untuk berbagai topik.
“Sebagai seorang fasilitator dan mentor, penting sekali untuk siap menghadapi segala situasi dan menikmati seluruh proses sebagai proses belajar bersama. Adanya dinamika atau perubahan yang terjadi penting untuk diantisipasi sehingga kita siap untuk melakukan perbaikan secara langsung, agar proses belajar bisa berlangsung lebih baik lagi,” ungkap Eko Nugroho.
Program Game-Based Learning dengan Topik yang Fleksibel
Learning focus seperti leadership & effective collaboration dalam Punakawan dapat juga dipakai dalam pelatihan karyawan ataupun onboarding program. Dengan metode game-based learning, pelatihan akan dibalut tidak hanya dengan materi namun juga dengan sesi simulasi interaktif. Kummara juga memiliki konsep game-based learning dan gamifikasi sederhana dengan topik yang fleksibel untuk membuat program belajar menjadi lebih interaktif, efektif dan efisien.
Related Posts
Pahami Nilai Integritas dari Main Game di Kuliah Umum Universitas Katolik Parahyangan
Pahami Nilai Integritas dari Main Game di Kuliah Umum Universitas Katolik Parahyangan Bandung, 26 November 2024....
Tingkatkan Efektifitas Program Onboarding dengan Game-Based Learning dan Gamifikasi
Tingkatkan Efektifitas Program Onboarding dengan Game-Based Learning dan Gamifikasi Apakah program onboarding di...
Integrasi Game-Based Learning dalam Leadership Development Program
1. Definisi, Objektif, dan Implementasi Leadership Development Program Leadership Development Program adalah...