Meningkatkan Capacity Building Berbasis Permainan di Papua untuk Memperkuat Nilai Integritas
Papua, 27 Juli 2024. Sebuah program pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas instruktur antikorupsi di Papua dilaksanakan. Program ini berjudul “Desain Pembelajaran Berbasis Permainan untuk Pengembangan Kapasitas dan Pemanfaatannya Berdasarkan Kondisi Lokal Papua dalam Memperkuat Nilai Integritas”. Inisiatif ini bertujuan untuk membekali para peserta dengan keterampilan yang diperlukan untuk melaksanakan sesi pembelajaran berbasis permainan yang efektif.
Program dirancang untuk meningkatkan kemampuan instruktur antikorupsi dalam mengimplementasikan program pembelajaran berbasis permainan dan sesi interaktif yang bertujuan untuk menyebarluaskan nilai-nilai integritas. Dengan memahami konteks lokal dan tantangan yang dihadapi di Papua, program ini berusaha untuk menciptakan metode pembelajaran yang relevan dan menarik bagi masyarakat.
Program Kolaborasi
Program ini didukung sepenuhnya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI), Pusat Pendidikan Antikorupsi, serta Program Kerjasama Jerman-Indonesia yang dilaksanakan oleh GIZ. Tim dari Kummara dan Yayasan Ludere Nusantara Gemilang juga memberikan dukungan teknis dan game-based learning yang sangat berharga untuk keberhasilan inisiatif ini.
Bermain Kreatoria Nilai Integritas
Sebelum pelaksanaan workshop, tim penyelenggara melakukan penelitian awal untuk memahami kondisi di wilayah Papua. Workshop juga didukung dengan adanya pembelajaran berbasis permainan berjudul “Kreatoria Integritas” yang dikembangkan oleh Kummara.
Kreatoria Integritas adalah permainan yang dirancang untuk mempromosikan nilai-nilai integritas melalui skenario pembuatan konten yang kreatif. Permainan ini dapat dengan mudah dimodifikasi untuk menyertakan konten lokal, sehingga sangat relevan bagi beragam audiens.
Dalam permainan, ada beberapa kata atau keyword yang ditampilkan, dalam workshop ini kata yang muncul dibuat berhubungan dengan tema integritas dan anti korupsi. Cara bermainnya pun mudah dan bisa dibuat menjadi beberapa versi.
Salah satu versi yang dibawakan dalam workshop adalah peserta diminta membuat contoh praktik baik berintegritas berdasarkan 1 keyword yang muncul. Pada versi lain peserta diwajibkan membuat contoh praktik baik menggunakan 2 keyword.
Sebagai contoh keyword yang dipilih adalah “Tempat Umum” dan “Edukasi”, maka contoh praktik baiknya bisa seperti berikut: “Saat berada di tempat umum, ketika melihat ada orang membuat sampah sembarangan jangan ragu menegur dan mengedukasi pentingnya menjaga kebersihan.”
Peserta juga dibekal dengan workshop game design sederhana agar peserta minimal mampu memodifikasi menggunakan permainan yang sudah ada saat ini dengan menyisipkan konten atau learning objective terkait anti korupsi.
Program Berkelanjutan
Telah dilaksanakan juga beberapa tidak lanjut setelah workshop, di antaranya ada diskusi melalui Zoom pada tanggal 9 Agustus 2024, untuk merencanakan implementasi yang lebih luas dari program pembelajaran berbasis permainan, yang dimulai pada 13 Agustus untuk siswa di wilayah Jayapura.
Inisiatif ini menunjukkan komitmen untuk memperkuat nilai integritas di Papua melalui metode pembelajaran yang inovatif. Dengan melibatkan instruktur lokal dan memanfaatkan pendekatan berbasis permainan, diharapkan nilai-nilai integritas dapat lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh masyarakat.
Dengan demikian, program ini tidak hanya berfokus pada pengembangan kapasitas individu, tetapi juga berkontribusi pada perubahan sosial yang lebih luas di Papua. Mari kita dukung upaya ini untuk menciptakan masa depan yang lebih baik dan lebih berintegritas!
[Activity Report] Capacity Building Berbasis Permainan di Papua untuk Memperkuat Nilai Integritas
Send download link to: