Membangun Kesadaran Thalassemia Melalui Permainan: Pendekatan Inovatif untuk Generasi Muda
Thalassemia adalah gangguan darah genetik yang diturunkan secara autosomal resesif, ditandai dengan hemoglobin yang abnormal akibat mutasi. Di Indonesia, kesadaran masyarakat tentang thalassemia masih sangat rendah, berbalik dengan jumlah pasiennya terus meningkat setiap tahun. Dalam upaya meningkatkan kesadaran ini, sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas Padjadjaran bersama Kummara dan institusi lainnya mengusulkan pendekatan inovatif dengan menggunakan permainan sebagai alat edukasi.
Penelitian ini berfokus pada siswa sekolah menengah di Bandung, dengan tujuan untuk mengevaluasi tingkat kesadaran mereka tentang thalassemia sebelum dan setelah intervensi permainan. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain pre-test dan post-test. Para peneliti membagi populasi menjadi dua kelompok: satu kelompok yang mengikuti intervensi permainan dan kelompok kontrol yang tidak.
Melalui permainan interaktif, para peserta diharapkan dapat memahami dan menginternalisasi informasi penting mengenai thalassemia. Permainan dirancang untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dan menarik, sehingga proses belajar menjadi lebih efektif. Penelitian ini juga mempertimbangkan faktor-faktor seperti pengalaman sebelumnya, latar belakang pendidikan, dan aspek sosio-kultural yang dapat mempengaruhi pemahaman siswa tentang .
Game Menjadi Media dan Alat Bantu yang Efektif
Hasil awal dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan permainan dapat meningkatkan kesadaran siswa tentang thalassemia. Dengan pendekatan yang menyenangkan dan interaktif, diharapkan generasi muda dapat lebih memahami risiko dan pencegahan thalassemia, serta berkontribusi pada upaya kesehatan masyarakat yang lebih luas.
Melalui penelitian ini, diharapkan kesadaran tentang thalassemia dapat meningkat, dan masyarakat dapat lebih memahami pentingnya deteksi dini dan manajemen yang tepat untuk penyakit ini. Dengan demikian, permainan tidak hanya menjadi alat hiburan, tetapi juga sarana edukasi yang efektif dalam meningkatkan kesadaran kesehatan di kalangan generasi muda.
Building Thalassemia Awareness by Using Games
Send download link to:
Transformasi Pembelajaran dan Pelatihan Menggunakan Game-Based Learning
Kummara juga hadir untuk membantu banyak perusahaan yang siap bertransformasi dengan menyediakan pelatihan karyawan dengan metode game-based learning secara offline, online maupun hybrid. Kami menawarkan berbagai learning program yang mungkin sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Tersedia berbagai tema mulai dari internalisasi core value, leadership, service excellent dan lainnya.