Disclaimer: artikel ini merupakan rangkuman bahasa Indonesia dari artikel internasional berjudul Mattel Launches Scrabble Together for Non-Competitive Gen Z Consumers, ditulis oleh Kanesa David, 11 April 2024.
Mattel, perusahaan mainan populer, baru saja mengumumkan sebuah terobosan untuk permainan papan legendaris Scrabble. Permainan menyusun kata denga balok huruf ini kini menawarkan pengalaman bermain yang disesuaikan untuk dua generasi sekaligus— pecinta nostalgia dan pemain Gen Z yang menginginkan gaya permainan yang lebih santai dan kolaboratif.
Scrabble Klasik untuk Pemain Senior VS Scrabble Together untuk Pemain Muda
Untuk para pemain senior yang setia dengan konsep Scrabble tradisional tentunya tak perlu khawatir. Sisi pertama papan Scrabble tetap mempertahankan aturan dan sistem skor tradisional untuk pengalaman bermain yang otentik.
Sementara itu, sisi lainnya menawarkan “Scrabble Together“, sebuah inovasi untuk menarik minat pemain muda dan menciptakan suasana permainan yang lebih inklusif dan kooperatif. Edisi ini dilengkapi dengan kartu bantuan yang memudahkan pemain dalam menyusun strategi dan meningkatkan kemampuan membangun kata. Putaran permainan pun dibuat lebih singkat dan aturannya disederhanakan untuk pengalaman yang lebih santai.
Melalui riset yang mendalam, Mattel mengidentifikasi pergeseran preferensi di kalangan pemain muda. Menurut mereka generasi ini cenderung kurang tertarik dengan kompetisi ketat yang seringkali ditemui dalam permainan tradisional. Dengan dirilisnya Scrabble Together, diharapkan dapat menjadi jembatan bagi pemain tua dan muda untuk terhubung kembali di luar dunia digital, terlepas dari apapun gaya bermain mereka.
Tren dan Implikasi Scrabble Together dalam Industri Game Design
Scrabble Together tak hanya menghadirkan pengalaman bermain yang baru, tetapi juga menjadi cerminan tren menarik di dunia game design khususnya industri board game;
- Permainan Papan Kolaboratif: Ini menjadi peluang bagi developer untuk menciptakan permainan papan yang mendorong kerja sama dan inklusivitas, seiring dengan elemen permainan tradisional.
- Pengalaman Bermain untuk Kaum Muda: Perusahaan game dapat berinovasi dengan kartu bantuan dan aturan permainan yang disederhanakan untuk menarik pemain muda yang menginginkan pengalaman bermain yang lebih interaktif dan santai.
- Permainan Lintas Generasi: Industri game memiliki potensi untuk merancang produk yang melayani pemain nostalgia dan generasi baru, sehingga mendorong pengalaman bermain bersama antar keluarga dan berbagai kelompok usia.
Dengan menggabungkan unsur kompetisi dan kolaborasi, Scrabble Together membuka peluang bagi industri board game untuk menciptakan produk inovatif yang sesuai dengan perubahan preferensi konsumen.
Ini juga menjadi kesempatan bagi perusahaan game untuk mengeksplor mekanisme dan fitur permainan baru yang dapat menarik audiens yang lebih luas. Lebih jauh lagi, tren permainan lintas generasi ini dapat dimanfaatkan oleh sektor hiburan dan rekreasi untuk merancang pengalaman yang melibatkan pemain dari segala usia melalui gameplay yang adaptif dan kesenangan bersama.
Implementasikan Game-Based Learning dan Gamification Bersama Kummara.
Jika menyiapkan atau menemukan Game-Based Learning atau konsep gamifikasi yang tepat menjadi penghalang untuk Anda, segera hubungi Kummara. Kummara memiliki learning program yang tepat untuk setiap kebutuhan tim perusahaan.
Kummara membantu banyak organisasi untuk mengimplementasikan konsep game-based learning dan gamifikasi sederhana untuk membuat program belajar menjadi lebih interaktif, efektif dan efisien.
Lebih banyak tentang Kummara Learning Program di sini >> https://kummara.com/learning-program/