Memasuki ODP Batch ke-255, Kummara kembali hadir berkolaborasi dengan Mandiri Corporate University dalam sesi Facilitated Game-based Learning (FGBL) AKHLAK melalui game “Laksamana”, pada hari Selasa (8/8/2023) lalu. Sesi game-based learning ini merupakan bagian integral dari Onboarding Development Program (ODP), jalur masuk Bank Mandiri yang menggabungkan beragam pelatihan intensif, dengan pilihan spesifik sesuai minat dan bakat individu.
Diikuti oleh kurang lebih 45 peserta ODP Mandiri dari Batch 255, Kummara memimpin sesi dengan permainan berjudul “Laksamana” yang mengajak para peserta untuk mendalami nilai-nilai AKHLAK sebagai pedoman perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dalam sesi Laksamana, peserta berperan sebagai kru kapal dengan tugas yang berbeda, yaitu laksamana, analis, dan komunikator. Peserta terbagi menjadi dua kelompok kapal, yakni kelompok kapal biru dan merah, dengan tantangan untuk mengumpulkan modul sekaligus menghindari gelombang dan ancaman nuklir yang tersebar di lautan.
Dengan durasi sekitar 60 menit, permainan “Laksamana” dikembangkan secara khusus untuk memperdalam pemahaman peserta tentang core value AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif). Melalui program ini, diharapkan peserta dapat menerapkan nilai-nilai ini dalam aktivitas sehari-hari, terutama dalam perannya sebagai calon pemimpin di lingkungan Bank Mandiri.
Baca Juga: Fasilitator Sebagai Kunci Sukses Game-Based Learning Dalam Sekolah Mentor 1 LKM X ITB
Sesi Post-Play FGBL AKHLAK “Laksamana”: Kolaborasi dan Adaptif
Usai sesi permainan, peserta dipandu untuk merefleksikan segala hal yang mereka alami selama permainan. Salah satu peserta memberikan opini tentang apa yang dirasakan setelah bermain game Laksamana tersebut. “Insight yang saya dapatkan dari game Laksamana adalah untuk belajar berkolaborasi dengan tim, belajar menentukan strategi, adaptif terhadap rintangan, serta amanah dari tim untuk leader dalam menentukan keputusan akhir.” Peserta lain juga menjawab, “Jika bisa bermain game ini (Laksamana) lagi, tentunya kami akan meningkatkan harmoni antar tim soal keputusan yang akan diambil masing-masing. Supaya tidak saling tumpang tindih dan memakan waktu.” jelasnya.
Saat ditanya tentang core value AKHLAK yang bisa diimplementasikan dari sesi Laksamana, beberapa peserta menyimpulkan berbagai pendapat, di antaranya tentang implementasi nilai harmonis, kolaboratif dan adaptif. Karena layaknya pekerjaan di kehidupan nyata, dalam permainan ini ternyata memerlukan komunikasi yang cepat dalam hal tak terduga.
Implementasikan Game-Based Learning dan Gamification Bersama Kummara.
Jika menyiapkan atau menemukan Game-Based Learning atau konsep gamifikasi yang tepat menjadi penghalang untuk Anda, segera hubungi Kummara. Kummara memiliki learning program yang tepat untuk setiap kebutuhan tim perusahaan.
Kummara membantu banyak organisasi untuk mengimplementasikan konsep game-based learning dan gamifikasi sederhana untuk membuat program belajar menjadi lebih interaktif, efektif dan efisien.
Related Posts
Tingkatkan Efektifitas Program Onboarding dengan Game-Based Learning dan Gamifikasi
Tingkatkan Efektifitas Program Onboarding dengan Game-Based Learning dan Gamifikasi Apakah program onboarding di...
Integrasi Game-Based Learning dalam Leadership Development Program
1. Definisi, Objektif, dan Implementasi Leadership Development Program Leadership Development Program adalah...
Asah Keterampilan Service Anda Melalui Game: Customer Service 101 Game-Based Learning Program
Pernah merasa kesulitan menghadapi pelanggan yang sulit? Customer Service 101 hadir sebagai solusi inovatif untuk...