News and Updates

HomeArticleSeminar Mengoptimalkan Game Sebagai Media Belajar Seluruh Keluarga

Seminar Mengoptimalkan Game Sebagai Media Belajar Seluruh Keluarga

Siaran Pers
Seminar Mengoptimalkan Game Sebagai Media Belajar Seluruh Keluarga

Dalam perayaan Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli 2017 lalu Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya proses belajar untuk menggapai masa depan yang lebih baik, di sisi lain Presiden juga mengingatkan agar anak-anak untuk bermain dan melakukan berbagai aktivitas positif. Apa yang Presiden sampaikan menyiratkan sebuah pesan bahwa proses belajar dan bermain adalah sebuah proses yang sama pentingnya.

Hal senada juga tertulis dalam laporan khusus the Canadian Council on Learning yang menyatakan bahwa: “Play nourishes every aspect of children’s development – it forms the foundation of intellectual, social, physical, and emotional skills necessary for success in school and in life. Play ‘paves the way for learning’”. Dengan kata lain bermain menjadi sebuah proses yang sangat penting, bahkan menjadi pondasi penting untuk mendukung proses belajar yang berkelanjutan.

Jika proses bermain adalah hal yang penting dan mampu menjadi pondasi proses belajar yang berkelanjutan, maka game tentu memiliki potensi untuk juga mendukung proses belajar yang berkelanjutan. Lalu bagaimana sebenarnya kita bisa mengoptimalkan potensi game sekaligus proses bermain sebagai media belajar? Mungkinkan kita bisa optimalkan potensi game untuk memotivasi proses belajar interaktif di tengah keluarga? Dua pertanyaan ini yang akan coba dibahas dalam sebuah seminar keluarga dengan tema: Mengoptimalkan Potensi Game Sebagai Media Belajar Seluruh Keluarga.

Aar Sumardiono, seorang praktisi home schooling sekaligus juga founder rumah inspirasi dan Eko Nugroho, Game Designer dari Kummara Game design & consultant studio akan berbagi berbagai sudut pandang mereka terkait tema tersebut di atas. “Bayangkan jika setiap keluarga bisa rutin bermain bersama 1-2 jam setiap minggu. Pada saat yang sama, aktivitas bermain tersebut juga dioptimalkan sebagai sebuah proses belajar, mengeksplorasi banyak nilai-nilai baik, sekaligus juga hadirkan kebanggaan akan Indonesia – maka saya percaya banyak hal baik yang bisa kita hadirkan.” ujar Eko terkait harapannya dari pelaksanaan seminar ini.

Seminar ini akan dilaksanakan di ruang 310 Binus University International JWC Campus Jl. Hang Lekir I no 6 pada hari Sabtu 29 Juli 2017 mulai pukul 09.00 dan terbuka untuk umum. Info dan pendaftaran: Ade Hady (087885769820) atau via adelibs@gmail.com.

Seminar ini didukung penuh oleh Kummara, Manikmaya Games, Boardgame.Id komunitas Jelajah Langit Biru, Kode Margonda, Gamelab – Computer Science Program Bina Nusantara University, dan Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia.

Written by

The author didnt add any Information to his profile yet

Leave a Comment